KEGIATAN PEMBINAAN, PENGAWASAN, DAN PENGHARGAAN KOPERASI BERPRESTASI TAHUN ANGGARAN 2019

Menyikapi peran strategis koperasi ditengah kehidupan perekonomian masyarakat, Kota Banjar, kita menyadari bahwa banyak kekurangan yang terjadi didalam pengelolaan koperasi.  antara lain lemahnya kemampuan dalam pengelolaan administrasi organisasi/kelembagaan maupun administrasi keuangan serta lemahnya kemampuan pengelola/karyawan dalam pengelolaan usaha Koperasi. Hal ini mengakibatkan pemicu lemahnya kesadaran Koperasi dalam pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan .

Berkenaan dengan hal tersebut dalam upaya memajukan peranan  Koperasi  di Kota Banjar sekiranya perlu diadakan  Pembinaan, Pengawasan dan Penghargaan Koperasi terhadap Koperasi yang berprestasi secara komprehensif melalui Kegiatan Pembinaan, Pengawasan dan Penghargaan Koperasi Berprestasi. sehingga diharapkan Koperasi di Kota Banjar  mampu memberikan nilai positif bagi perekonomian Kota Banjar.

Pada hari Kamis tanggal 18 April 2019 Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan kota Banjar telah Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan, Pengawasan dan Penghargaan Koperasi Berprestasi  yang bertujuan untuk memberikan Pembinaan dan Pengawasan kepada koperasi-koperasi di Kota Banjar.  Kegiatan Pembinaan, Pengawasan dan Penghargaan Koperasi Berprestasi dilaksanakan  di Aula Rumah Makan CITRA”  dengan dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banjar, dengan didampingi Kepala Bidang Koperasi dan UKM beserta staf. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 30 orang pengurus Koperasi di Kota Banjar.

Dari kegiatan ini juga menjaring koperasi yang berprestasi, dengan melakukan penilaian kinerja koperasi sehat dan produktif. Penilaiannya dengan menggunakan kertas kinerja koperasi dan laporan RAT 3 (tahun) terakhir. Setelah dilakukan penilaian dan dievaluasi terjaring koperasi berprestasi kemudian diperingkat dan mencari yang terbaik untuk mendapatkan penghargaan tingkat Kota.

Dengan sarana dan prasarana yang diberikan Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banjar dapat menjadikan koperasi yang bertumbuh kembang sebagai sokoguru perekonomian rakyat, siap, maju dan mandiri dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dalam menghadapi pasar bebas.