PERINDUSTRIAN

FacebookTwitterGoogle+LineWhatsAppShare

Sektor Industri berdasarkan jenisnya dibedakan atas 4 golongan yaitu industri besar, sedang, kecil dan rumah tangga. Menurut konsep BPS yang dikategorikan industri besar yaitu industri yang memiliki tenaga kerja lebih dari 100 orang, industri sedang yaitu industri yang mempunyai tenaga kerja antara 20 sampai 99 orang, industri kecil yaitu industri yang memiliki tenaga kerja 5 sampai 19 orang sedangkan industri rumah tangga adalah industri yang memiliki tenaga kerja kurang dari 5 orang.

DataDinas Perindustrian, Perda-gangan dan Koperasi Kota Banjar, industri terbagi ke dalam 2 kategori yaitu industri formal dan non formal. Jumlah industri formal pada tahun 2013 di Kota Banjar sebanyak 514 perusahaan tersebar di 4 Kecamatan dan menyerap tenaga kerja sebanyak 6.898 orang. Kecamatan Banjar memiliki jumlah perusahaan industri formal terbanyak, yaitu sebanyak 189 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja yang terserap sebanyak 1.322 orang. Sementara itu jumlah perusa-haan industri formal paling sedikit berada di Kecamatan Langensari hanya sebanyak 67 perusahaan dengan serapan tenaga kerja hanya sebanyak 388 orang.

Jumlah Perusahaan Industri Non Formal di Kota Banjar tahun 2013 sebanyak 2.430 perusahaan yang me-nyerap tenaga kerja sebanyak 4.965 orang. Dari jumlah perusahaan Non Formal di Kota Banjar pada Tahun 2013 terbanyak berada di wilayah Kecamatan Banjar yaitu 1.172 peru-sahaan. Perusahan Non Formal yang terdapat di Kota Banjar meliputi industri Gula Merah, Genteng kera-mik, anyaman bambu, tahu, tempe, rangginang, industri bata merah dan lain-lain.

Data Bidang Industri Kota Banjar

Download (PPTX, 94KB)

1.Kegiatan Kemampuan Teknologi Industri

Lihat selengkapnya..

2. Kegiatan Pameran Produk Unggulan IKM (Food Ethnic)

Lihat selengkapnya..

3.Kegiatan Pameran Produk Unggulan IKM (Pameran Peragaan Produk Khas Jabar)

Lihat selengkapnya..

4.Kegiatan Pelatihan Proses Finishing Kerajinan IKM

Lihat selengkapnya..

5.Kegiatan Penataan Kelembagaan Usaha Sejenis

Lihat selengkapnya..

6.Kegiatan Pengembangan Sistem Inovasi Teknologi Industri Fasilitasi GMP

Lihat selengkapnya..