Pengembangan Sistem Inovasi Teknologi Industri/Fasilitasi Gmp (Good Manufacturing Practices)

FacebookTwitterGoogle+LineWhatsAppShare

FASILITASI GMPIndustri pangan dewasa ini dan di masa depan dituntut memiliki kemampuan bersaing; terutama dalam menghadapi Globalisasi pangan yang semakin terbuka. Salah satu faktor yang memungkinkan dalam bersaing adalah dihasilkannya produk pangan yang aman dan bermutu. Sementara, saat ini tuntutan terhadap keamanan dan mutu meningkat seiiring dengan meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat konsumen.

Salah satu program dari pemerintah Indonesia adalah mensyaratkan bagi industri-industri di atas untuk menerapkan GMP (Good Manufacturing Practices).  Merupakan suatu pedoman bagi industri terutama industri yang terkait dengan pangan, kosmetik, farmasi dan peralatan medis (medical devices) untuk meningkatkan mutu hasil produksinya terutama terkait dengan keamanan dan keselamatan konsumen yang mengkonsumsi atau menggunakan produk-produknya yaitu :  Memberikan prinsip-prinsip dasar yg sangat penting dalam produksi pangan, yang dapat diterapkan sepanjang rantai pangan mulai dari  produksi primer sampai konsumen akhir untuk menjamin bahwa pangan yang diproduksi aman dan layak untuk dikonsumsi, mengarahkan industri agar memenuhi berbagai persyaratan produksi seperti : persyaratan lokasi, bangunan dan fasilitas, mesin dan peralatan produksi, bahan, proses, produk akhir, karyawan, pengemasan serta persyaratan penyimpanan, pemeliharaan, pengangkutan, pelatihan dan dokumentasi, mengarahkan pendekatan dan penerapan manajemen sistem HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point) sebagai suatu cara untuk meningkatkan keamanan pangan. 

Termasuk dalam pengendalian GMP adalah faktor fisik (bangunan, mesin, peralatan, transportasi, konstruksi pabrik, dll), faktor higienitas dari personel yang bekerja dan faktor kontrol operasi termasuk pelatihan dan evaluasi GMP.

Demikian halnya di Kota Banjar, penerapan GMP pada IMKM makanan olahan sangatlah penting. Oleh karena itu  Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan perdagangan Kota Banjar sebagai leading sektor bidang industri, akan melaksanakan pembinaan penerapan GMP bagi IMKM makanan olahan se Kota Banjar.

Diharapkan dengan kegiatan “Pengembangan Sistem Inovasi Teknologi Industri/Fasilitasi GMP (Good Manufacturing Practices)” ini, IMKM makanan olahan Kota Banjar dapat mengevaluasi dan meningkatkan kualitas produknya, sehingga dapat lebih berkembang dan berdaya saing tinggi.

Kegiatan dilaksanakan selama 4 (Empat) hari mulai tanggal 07 Agustus 2017 s/d 10 Agustus 2017 bertempat di RM. Intan Dusun Parunglesang RT. 002 RW. 009 Kelurahan Banjar Kecamatan Banjar Kota Banjar.(DISKUKMP Kota Banjar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.