Kegiatan Pembinaan Kemampuan Teknologi Industri (Diversifikasi Buah Pepaya)

FacebookTwitterGoogle+LineWhatsAppShare

diversifikasi buah pepayaPada zaman modern ini kita dihadapkan oleh dunia baru yang ditandai dengan kecenderungan globalisasi sebagai akibat semakin banyaknya negara yang melaksanakan reformasi ekonomi. Globalisasi ini sendiri telah mendorong para pelaku usaha siap menghadapi persaingan global dan secara drastis mengubah pola strategi perusahaan khususnya strategi pemasaran dan produknya.

Perubahan ini menuntut kreativitas setiap pelaku usaha agar dapat menyempurnakan dan mengembangkan potensi yang ada menghasilkan produk yang baru. Pengembangan produk baru ini akan membentuk masa depan pelaku usaha tersebut.

Dalam hal ini strategi pemasaran bisa dilakukan yaitu dengan pengembangan produk baru melalui beberapa macam strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan, salah satunya adalah strategi diversifikasi produk. Para pelaku usaha mencoba untuk membuat apa saja yang bisa terjual dan menerapkan berbagai strategi untuk memanfaatkan dan mengembangkan potensi yang ada.

Kota Banjar sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah khususnya buah pepaya, memiliki peluang yang sangat bagus untuk dikembangkan agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Salah satu pengembangan potensi tersebut yaitu diversifikasi untuk buah pepaya dimana buah pepaya sisa hasil sortiran dapat dimanfaatkan/diberdayakan diolah menjadi suatu produk yang nantinya memiliki nilai ekonomis tinggi.

Pemerintah dalam hal ini adalah Pemerintah Daerah Kota Banjar melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan  dalam Tahun Anggaran 2017 akan melakukan Kegiatan Pembinaan Kemampuan Teknologi Industri Tahun Anggaran 2017, dengan harapan  dapat menciptakan IMKM baru yang dapat menghasilkan produk olahan pangan dengan bahan baku buah pepaya.

Dengan adanya kegiatan “Pembinaan Kemampuan Teknologi Industri” diharapkan dapat menghasilkan produk baru berbahan baku buah pepaya serta dapat menumbuhkan kreatifitas baru bagi para peserta untuk lebih mengembangkan potensi produk berbahan baku pepaya.

Adapun sasaran dari Kegiatan Pembinaan Kemampuan Teknologi Industri adalah pelaku Industri Rumah Tangga  sebanyak 40 (empat puluh) orang yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) di wilayah Kecamatan Langensari dan Rumah Tangga Binaan Desa Binangun (P2WKSS).

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai tanggal 10 s.d 13 April 2017 bertempat di wilayah Kecamatan Langensari Kota Banjar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.