Pembinaan Industri Kecil Dan Menengah Dalam Memperkuat Jaringan Klaster Industri

FacebookTwitterGoogle+LineWhatsAppShare

Pembinaan Industri Kecil Dan Menengah Dalam Memperkuat Jaringan Klaster Industri DISKUKMP Kota BanjarSektor Industri Agro merupakan industri andalan masa depan mengingat perannya yang penting dan strategis bagi pelaku usaha pangan terhadap perekonomian di wilayah Kota Banjar. Peran penting dan strategis  itu tercipta karena sektor industri ini didukung oleh ketersediaan bahan baku berupa Sumber Daya Alam yang cukup melimpah di Kota Banjar.

Salah satu potensi yang ada dan sudah dikembangkan di Kota Banjar saat ini yaitu gula kelapa/ gula aren. Industri gula kelapa/gula aren ini juga telah memberikan kontribusi yang penting dalam pembangunan daerah dan masyarakat khususnya bagi pertumbuhan ekonomi daerah, antara lain peningkatan pendapatan , menyerap tenaga kerja dan dapat memenuhi kebutuhan bagi industri pangan maupun minuman.

Namun karena pangan berhubungan dengan kesehatan manusia, maka produk pangan harus dapat memenuhi persyaratan  jaminan kesehatan dan keamanan.  Sektor Industri gula kelapa hampir memasok sebagian besar industri pangan yang bercitarasa manis. Produsen gula kelapa sebagaian besar belum mandiri dari segi manajemen maupun teknologinya.

Untuk meningkatkan usaha dimaksud baik dari sisi proses produksi beserta peralatan pendukungnya maupun mutu produk diperlukan adanya suatu bimbingan dalam bentuk pelatihan yang lebih intensif dan berkesinambungan.  Hal ini tidak bisa hanya mengandalkan pelaku usaha yang bersangkutan akan tetapi peranan Pemerintah Kota Banjar dalam hal ini Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banjar untuk memberikan dorongan dan pendampingan dalam meningkatkan mutu terkait cara pengolahan pangan yang baik, benar, aman agar lebih efisien dan dapat meningkatkan profit usahanya, memberikan nilai tambah dan berdampak positif bagi masyarakat. Oleh sebab itu Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banjar akan  melaksanakan kegiatan Pembinaan Industri Kecil dan Menengah dalam Memperkuat Jaringan Klaster Industri bagi 30 (tiga Puluh) IKM Gula kelapa/gula aren Kota Banjar.

Adapun tujuan dari Kegiatan Pembinaan Pembinaan Industri Kecil dan Menengah dalam Memperkuat Jaringan Klaster ini adalah membina pelaku IKM gula merah Kota Banjar khususnya wilayah Kecamatan Langensari dan Kecamatan Pataruman dalam upaya Meningkatkan kualitas produknya serta menciptakan diversifikasi produk berbahan baku gula merah. Diversifikasi gula merah ini akan diarahkan pada jenis produk gula semut, dimana produk ini diharapkan meningkatkan penghasilan bagi para IKM Gula Merah.

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai tanggal 13 s.d 16 Maret 2017 bertempat di wilayah Desa Rejasari Kecamatan Langensari Kota Banjar.(DISKUKMP Kota Banjar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.