Fasilitasi Desain Dan Kemasan Tahun Anggaran 2016

FacebookTwitterGoogle+LineWhatsAppShare

Kegiatan Fasilitasi Desain Dan kemasanKota Banjar (29/08/2016) – Meningkatnya jumlah Industri Mikro Kecil dan Menengah (IMKM)/pelaku usaha belakangan ini tentunya mengakibatkan persaingan pasar menjadi semakin ketat. Bahkan sekarang ini persaingan antara pengusaha yang satu dengan pelaku usaha lainnya sudah dalam kondisi yang semakin kompleks, sehingga masing-masing perusahaan kini berlomba menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mempertahankan eksistensi bisnisnya.

Menggunakan inovasi baru untuk menghadapi persaingan pasar ternyata cukup efektif untuk memenangkan pasar yang ada. Tanpa adanya inovasi dari para pelaku usaha, bisa dipastikan konsumen akan cepat bosan dan bisnisnya pun akan tenggelam di tengah ramainya persaingan. Karena itulah, para pelaku usaha kecil maupun besar dituntut untuk selalu berinovasi baik dalam urusan internal perusahaan maupun untuk meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan. Untuk melakukan sebuah inovasi tersebut, salah satunya bisa dilakukan dengan mendesain kemasan produk semenarik mungkin dengan tujuan untuk dapat menarik konsumen.

Kemasan memiliki peranan yang sangat penting dalam industri makanan. Pengemasan dapat memperpanjang umur simpan bahan karena dapat membantu mencegah atau mengurangi terjadinya kerusakan-kerusakan pada bahan yang dikemas / dibungkusnya.

Dalam dunia moderen seperti sekarang ini, masalah kemasan menjadi bagian kehidupan masyarakat sehari-hari, terutama dalam hubungannya dengan produk pangan. Sejalan dengan itu pengemasan telah berkembang dengan pesat menjadi bidang ilmu dan teknologi yang makin canggih.

Selain itu juga kemasan produk memiliki beberapa fungsi tambahan dari digunakannya pengemas pada produk pangan yaitu sebagai identitas produk, melindungi produk dari pengaruh buruk dari luar, menambah daya tarik calon pembeli dan meningkatkan efisiensi.

Berkaitan dengan hal tersebut Pemerintah dalam hal ini adalah Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi dalam Tahun Anggaran 2016 akan melakukan Kegiatan Fasilitasi Desain dan Kemasan Tahun Anggaran 2016, tentunya dengan harapan para pelaku IMKM Kota Banjar dapat lebih mengevaluasi dan lebih meningkatkan kualitas  produk khususnya dalam hal kemasan produk, sehingga dapat lebih berkembang dan berdaya saing tinggi.

Dengan adanya kegiatan “Fasilitasi Desain dan Kemasan” diharapkan dapat meningkatkan kemampuan IMKM dalam menerapkan kualitas kemasannya sehingga dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas produknya. Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini antara lain : Meningkatnya kualitas kemasan produk IMKM Kota Banjar; Meningkatnya pemahaman IMKM dalam hal fungsi kemasan produk; Meningkatnya persaingan produk IMKM pada pasar global; Meningkatnya pedapatan IMKM; Meningkatnya daya beli masyarakat; Meningkatnya perekonomian masyarakat Kota Banjar.

2 thoughts on “Fasilitasi Desain Dan Kemasan Tahun Anggaran 2016

  1. wsc biolo says:

    semoga jadi hal yang meningkatkan kemajuan daerah

  2. Syah Ayat Ramadhan says:

    Artikel yang sederhana namun bermakna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.