Penataan Kelembagaan Usaha Sejenis Tahun Anggaran 2016

penataan kelembagaan usaha
FacebookTwitterGoogle+LineWhatsAppShare

penataan kelembagaan usahaIndustri Mikro Kecil Menengah (IMKM) merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja, memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional.

Industri Mikro, Kecil dan Menengah (IMKM) di Kota Banjar mengalami hambatan-hambatan dalam perkembangannya seperti, kesulitan dalam hal pemodalan, produktifitas usaha dan pemasaran. Hambatan-hambatan tersebut dikarenakan ukuran mereka yang kecil dan bergerak sendiri-sendiri. Kondisi yang sendiri-sendiri juga mengakibatkan  IMKM  di Kota Banjar sulit untuk menangkap informasi yang ada, sehingga sulit untuk mengembangkan usahanya.

Kondisi tersebut salah satunya berakibat pada sulitnya para pelaku usaha/IMKM memperoleh bantuan permodalan/sarana produksi dari pemerintah yang mensyaratkan badan hukum bagi IMKM calon penerima bantuan, untuk itu diperlukan penguatan manajerial dalam pengelolaan kelompok usaha dan membangun kekuatan sendiri dari para pelaku IKM melalui kerjasama dalam suatu kelompok Usaha di sentra IKM.

Dilatarbelakangi permasalahan tersebut diatas, Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Banjar akan melaksanakan “Kegiatan Penataan Kelembagaan Usaha Sejenis” Tahun Anggaran 2016, dengan harapan dapat memperkuat IKM yang menghasilkan produk sejenis, produksi yang sama  dalam satu lokasi.

Dengan adanya kegiatan “Kegiatan Penataan Kelembagaan Usaha Sejenis” diharapkan para pelaku IKM  dapat meningkatkan pemahaman manajemen kelompok dan kerjasama usaha bersama, guna meningkatkan daya saing melalui pemanfaatan teknolog, inovasi dalam kelompok.

Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini antara lain : Terbentuknya SDM pengelola Kelompok Usaha/Asosiasi IMKM Kota Banjar; Meningkatnya kinerja pengelolaan Kelompok Usaha/Asosiasi IMKM Kota Banjar

Leave a Reply

Your email address will not be published.