Produk IKM Kota Banjar Dipromosikan Dalam Pameran Produk Unggulan Kreatif Jawa Barat

pameran ikm mtq
FacebookTwitterGoogle+LineWhatsAppShare

DSC00402GOR Sukapura Kota Tasikmalaya (17/04/2016) – Kota Banjar merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi dan daya saing yang kuat melalui produk-produk industri unggulan terbaiknya. Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Banjar memberikan apresiasi dengan terus berupaya mengoptimalkan potensi daerah melalui pembinaan industri kecil dan menengah (IKM) agar dapat terus tumbuh dan berkembang menjadi kegiatan usaha yang menguntungkan, sehingga dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Perkembangan dan pertumbuhan IKM dewasa ini, tidak terlepas dari adanya komitmen dan kebijakan serta program yang dijalankan oleh pemerintah yang berkelanjutan hingga saat ini. Semuanya dilaksanakan dengan satu tekad dan semangat agar pertumbuhan IKM di Kota Banjar dapat terus berkembang secara sehat dan kuat sehingga dapat menjadi bagian integral dari seluruh kegiatan industri, dan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam memperkuat perekonomian Kota Banjar.
Sementara itu, beberapa program pemerintah yang telah dilaksanakan dalam upaya pengembangan potensi IKM di Indonesia, antara lainrestrukturisasi mesin dan peralatan, pengembangan kewirausahaan, pembinaan, pengembangan IKM melalui pendekatan klaster, serta promosi produk melalui event-event pameran yang dilakukan di luar daerah.
Pameran sebagai salah satu media promosi untuk memperkenalkan potensi dan produk unggulan daerah kepada luar daerah lain. Pameran ini sendiri iharapkan dapat semakin meningkatkan dan membuka peluang pasar bagi produk IKM.
Berkaitan dengan hal tersebut diatas, dalam rangka pelaksanaan MTQ ke 34 di Kota Tasikmalaya, juga menyelenggarakan pameran hasil pembangunan dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat dan stand dari provinsi dengan tema “Pameran Produk Unggulan Kreatif Jawa Barat Tahun 2016”. Pemerintah Kota Banjar dalam hal ini Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi untuk Tahun Anggaran 2016 telah berpartisipasi mengikuti event pameran tersebut diharapkan melalui kegiatan ini, dapat mempromosikan dan menemukenalkan baik potensi maupun produk unggulan kerajinan khas Kota Banjar.

Adapun tujuan dari kegiatan Fasilitasi bagi Industri Kecil dan Menengah terhadap Pameran Produk Unggulan IKM ini adalah meluasnya pemasaran produk IKM Kota Banjar, menguji daya saing produk IKM Kota Banjar dengan produk luar Kota Banjar

Adapun hasil yang diharapkan dari Pameran Produk Unggulan IKM Tahun Anggaran 2016 (Pameran Produk Unggulan Kreatif Jawa Barat Tahun 2016), antara lain : Terbinanya para pelaku IMKM Kerajinan dan Makanan Olahan Kota Banjar; Meluasnya pemasaran produk kerajianan dan makanan olahan IMKM Kota Banjar; Adanya pengembangan IMKM kerajinan dan makanan olahan Kota Banjar; Terpromosikannya produk kerajinan dan makanan olahan Kota Banjar ke daerah lain. Waktu Pelaksanaan Kegiatan ini dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari, yaitu tanggal 17 s.d 23 April 2016. Kegiatan pameran ini dilaksanakan di Halaman GOR Sukapura Dadaha Kota Tasikmalaya.(Disperindagkop Kota Banjar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.