Penyuluhan Dan Sertifikasi Kesehatan Bagi UMKM

PENYULUHAN DAN SERTIFIKASI  KESEHATAN BAGI UMKM
FacebookTwitterGoogle+LineWhatsAppShare

PENYULUHAN DAN SERTIFIKASI  KESEHATAN BAGI UMKMKota Banjar (15/03/2016) – Cara produksi pangan yang baik merupakan salah satu faktor yang penting untuk memenuhi standar mutu atau persyaratan yang ditetapkan untuk pangan, karena sangat berguna bagi kelangsungan hidup industri pangan yang berskala kecil, sedang, maupun yang berskala besar. Melalui cara produksi pangan yang baik ini, industri pangan dapat menghasilkan pangan yang bermutu, layak dikonsumsi dan aman bagi kesehatan. dengan menghasilkan pangan yang bermutu dan aman dikonsumsi, kepercayaan masyarakat niscaya akan meningkat dan industri pangan yang bersangkutan akan berkembang pesat. pangan yang aman dan bermutu harus tersedia bagi semua lapisan masyarakat. pangan yang aman dan bermutu selama ini dihasilkan dari dapur rumah tangga maupun dari industri pangan.
Saat ini sebagian besar industri pangan adalah industri pangan bersekala rumah tangga. industri rumah tangga pangan sangat membutuhkan binaan agar produk pangan yang dihasilkan baik dan aman bagi konsumennya karena telah memenuhi persyaratan mutu dan leamanannya.

Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman dan pencerahan bagi industri pangan ibu rumah tangga supaya hasil yang diproduksinya tidak tercemar oleh bahan-bahan yang berbahaya dan bisa menimbulkan penyakit atau keracunan.

Tujuan dari Kegiatan Penyuluhan dan sertifikasi Kesehatan bagi UMKM TA.2016 ini adalah :
1. Meningkatakan pengetahuan dan keterampilan dalam pengolahan makanan yang baik bagi pengelolaan UKM Makanan Olahan;
2. memberikan kepastian kebersihan dan kehigienisan suatu produk, sehingga dapat mnentramkan batin yang mengonsumsinya (jaminan yang dapat dipercaya untuk mendukung klaim pangan bersih);
3. Meningkatkan marketability produk dipasar ;
4. terpenuhinya legalitas usaha produk makanan olahan;
5. Peningkatan citra produk.

SASARAN
Meningkatnya Usaha Pengelola UKM Makanan Olahan dan minuman yang ada di Kota Banjar sehingga terwujudnya UKM yang tangguh dan mandiri.

Narasumber dan Tenaga Pengajar/Pelatih/Instruktur dalam Kegiatan Penyuluhan dan Sertifikasi Kesehatan bagi UMKM Tahun 2016 adalah  Dinas Kesehatan Kota Banjar dan Dinas Perindagkop Kota Banjar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.