Seminar Tentang Upaya Peningkatan dan Pengembangan Produk Daerah

seminar
FacebookTwitterGoogle+LineWhatsAppShare

Seminar Tentang Upaya Peningkatan dan Pengembangan Produk Daerah Dalam Upaya Menguasai Pangsa Pasar Dalam Era Perdagangan Bebas/Globalisasi

Aula Setda Kota Banjar  (Selasa, 08/12/2015) – Globalisasi merupakan suatu fenomena yang mendorong para pelaku usaha untuk meningkatkan efisiensi agar mampu bersaing di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Dengan globalisasi yang menyatukan pasar dan kompetisi investasi internasional meningkatkan tantangan sekaligus peluang bagi semua perusahaan, baik kecil, menengah maupun besar.

Untuk menghadapi tantangan globalisasi tersebut, maka diperlukan daya saing yang kuat. Daya saing merupakan kemampuan suatu perusahaan, industri, daerah, negara atau antar daerah untuk menghasilkan faktor pendapatan dan faktor pekerjaan yang relatif tinggi dan berkesinambungan untuk menghadapi persaingan internasional.

Daya saing merupakan fenomena di tingkat mikro perusahaan sehingga kebijakan bagi pelaku usaha didahului dengan mengkaji sektor perdagangan secara utuh sebagai dasar pengukurannya. UKM merupakan salah satu tumpuan utama pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja baru terutama setelah krisis ekonomi yang terjadi beberapa tahun yang lalu. UKM juga merupakan bagian terpenting dari perekonomian suatu daerah termasuk di Kota Banjar.

Sebagai entitas bisnis, maka UKM juga menghadapi beberapa masalah baik masalah internal maupun masalah eksternal,  salah satunya adalah masalah dalam pemasaran produk. Usaha-usaha untuk meningkatkan daya saing UKM perlu dilakukan pemerintah untuk meningkatkan  pertumbuhan ekonominya.

Dalam Tahun Anggaran 2015, Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Banjar akan melaksanakan  Kegiatan Seminar Tentang Upaya Peningkatan dan Pengembangan Produk Daerah Dalam Upaya Menguasai Pangsa Pasar Dalam Era Perdagangan Bebas/Globalisasi sebagai bentuk dukungan terhadap keberadaan para pelaku usaha dimaksud.

Adapun tujuan dari Kegiatan Seminar Tentang Upaya Peningkatan dan Pengembangan Produk Daerah Dalam Upaya Menguasai Pangsa Pasar Dalam Era Perdagangan Bebas/Globalisasi Tahun Anggaran 2015, adalah: Menambah wawasan serta pengetahuan tentang usaha; Terciptanya temu usaha antar pelaku usaha se-Kota Banjar.

Sasaran dari Kegiatan Seminar Tentang Upaya Peningkatan dan Pengembangan Produk Daerah Dalam Upaya Menguasai Pangsa Pasar Dalam Era Perdagangan Bebas/Globalisasi Tahun Anggaran 2015 adalah 100 (seratus) orang Pelaku Usaha/UKM. Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya kontribusi sektor perdagangan terhadap Produk Domestik Regional Brutto (PDRB) Kota Banjar.

Narasumber dalam kegiatan terdiri dari :Narasumber PNS sebanyak 2 (dua) orang yaitu : Oman Rokhman, S.Sos, M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar) dan Dr. Ade Setiana M.Pd (Kepala BPMPPT  Kota Banjar). Narasumber Praktisi sebanyak 5 (lima) orang, yaitu : dr. H. Herman Sutrisno, MM. (Ketua Dekranasda Kota Banjar); Taufan Bahari Umbara (HIPMI Jawa Barat); Eris Kristian, S.IP (HIPMI Kota Banjar); Dedi Hermayadi, Spt.( Bank Jabar Banten) Jaja Mujahid,ST  (Padjajaran   Swalayan). (Disperindagkop Kota Banjar)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.